Minggu, 29 Mei 2011

manajemen


1.      Management line or first-level management, is the lowest level in an organization, which a person who is responsible for the work of others, such as foreman or production supervisor in a factory, a technical supervisor of research and so forth.
2.      Middle management (middle manager) which includes more one level in the organization. Management puffy directing the activities of other managers, also directs the policy activities of organization. For example the head of a section chief in charge, division heads and others.
3.      Middle management (middle manager) which includes more than one level in the organization. Management puffy directing the activities of other manager, also directs the policy activities of organization. For example the head of a section chief in charge, division head and other.
4.      Management is universal because it uses a framework of systematic sciencethat covers the ruler or formulas, principles and concepts. So if there is a manager to have and use a basic knowledge of management and can apply that knowledge in the form, situation  and condition, then the manager can perform managerial functions efficiently and effectively.
5.      Unsur-unsur lingkungan eksternal organisasi contohnya yaitu perubahan perekonomian, peraturan pemerintah, perilaku konsumen atau masyarakat, perkembangan tekhnologi, politik dan lain sebagainya.
6.      Lingkungan eksternal mikro yaitu lingkungan yang mempunyai pengaruh langsung terhadap kegiatan manajemen yang terdiri atas penyedia, langganan, para pesaing, lembaga perbankan dan bukan bank dan lain sebagainya.
7.      Lingkungan eksternal makro yaitu lingkungan yang mempunyai pengaruh tidak langsung,seperti kondisi perekonomian, perubahan teknologi, politik, sosial dan lain sebagainya.
8.      Lingkungan eksternal terdiri dari factor-faktor yang berada di luar organisasi yang sebagian tidak dapat dikendalikan dan dipengaruhi serta berpengaruh terhadap pembuatan keputusan. Lingkungan eksternal ini ada yang berpengaruh langsung ada juga yang tidak berpengaruh langsung terhadap organisasi yang berpengaruh langsung disebut lingkungan eksternal mikro dan yang tidak berpengaruh langsung disebut lingkungan eksternal makro.
9.      Pengertian manajemen ada tiga jenis, pertama sebagai suatu proses, kedua sebagai suatu kolektivitas orang-orang yang bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama, dan ketiga sebagai suatu ilmu dan seni.
10.  Manajemen telah ada sejak lama dan usianya hampir sama dengan manusia, dan manajemen baru merupakan ilmu pada sekitar abad ke 20.

sumber : Muhammad Abdul Mukhy dan Imam Hadi Saputro, pengantar manjemen umun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar